Langsung ke konten utama

Review Rumah Belajar

Review 1

Review konten Rumah Belajar Kumpulan Cerita Pendidikan Karakter:Kids Zaman Now oleh Nana Supriyana




Review konten Rumah Belajar :Kumpulan Cerita Pendidikan Karakter :Kids Zaman Now oleh Nana Supriyana
http://gg.gg/Kids-zaman-now



Judul Buku:
Kumpulan cerita pendidikan karakter Kids Zaman Now

Pengarang :
Nana Supriyana

Tahun terbit : 
2018

Penerbit:
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa 
Jalan Daksinapati Barat IV Rawamangun Jakarta Timur

Ringkasan Buku:
Kumpulan Cerita Pendidikan Karakter : Kids Zaman Now  ini berisikan 7 cerita pendek yang ditulis oleh Nana Supriyana. Kumpulan cerita ini mengangkat cerita tentang pendidikan karakter di zaman now.  Buku ini menggunakan bahasa yang ringan, santai, dan lugas sehingga mudah dipahami oleh setiap pembaca. Tidak hanya itu, pengarang juga meyelipkan nilai kearifan lokal yang lugas dan padat sehingga buku ini sangat tepat dibaca oleh semua kalangan terutama remaja.
Kumpulan cerita dalam buku ini berjudul:
1. Balapan
2. Nge-net
3. Kids Zaman now
4. Bonceng Mobil
5. Swafoto
6. Numpang tidur

Kelebihan Buku:
Buku ini mengangkat  gambaran nyata yang ada di sekeliling kita dan kearifan yang ada dalam cerita ini adalah kearifan universal. Nilai moral yang dideskripsikan pun berupa  nilai positif dan negatif sehingga pembaca dapat mudah memahami keseluruhan cerita. Pesan moral sangat lugas tersampaikan. Hal ini, memudahkan pembaca menemukan pesan cerita. Bahkan, pengarang menampilkan istilah-istilah zaman now membuat cerita semakin hidup dan menarik. Kelebihan lain buku ini adalah nilai-nilai karakter didukung oleh struktur dan elemen cerita yang memiliki keterkaitan satu sama lain. Selain itu, kumpulan cerita ini menggunakan bahasa yang santai dan ringan sehingga pembaca tidak memerlukan waktu lama memahami isi cerita. 

Kekurangan Buku:
Buku ini hanya berorientasi pada beberapa pendidikan karakter saja. Jika dalam satu cerpen dapat dieksplor menjadi beberapa nilai karakter dan memasukan nilai budaya cerpen ini akan menjadi lebih elegan. Pendeskripsian cerita kurang tajam sehingga pembaca sedikit terbelenggu dengan cerita.

Saran:
1. Buku ini sangat layak direkomendasikan sebagai bahan ajar bahasa Indonesia tingkat SMP dan SMA/SMK pada materi cerpen.
2. Buku ini dapat dijadikan sebagai penguatan pendidikan karakter melalui Gerakan Literasi.

Tugas Review konten Rumah Belajar Diklat Seameo Virtual Coordinator Training Batch 5 Jateng-DIY Kota Surakarta

ini link rekaman STT dan TTS


semoga bermanfaat
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Review 2

Review konten Rumah Belajar Stop Perundungan oleh Diena Haryana dkk.

Review konten Rumah Belajar Stop Perudungan  
http://gg.gg/Stop-perundungan
Stop Perundungan oleh Diena Haryana, dkk.



1.  Judul Buku:
     Stop Perundungan

2.  Pengarang : 
     Diena Haryana, Nanik Suwaryani, Aria Ahmad, Purwanto, Anik Budi Utami, dan Asih P.                  
3. Penerbit     : 
    Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga
    Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini danPendidikan Masyarakat
    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
    Jalan Jenderal Sudirman Gedung C lt. 13 Senayan Jakarta 10270

3. Tahun terbit : 
    2018

4. Jumlah Halaman buku:
    45 halaman

5. Ringkasan Buku:
    Buku ini memaparkan perundungan/bullying secara lengkap dan jelas, mulai dari pengertian,contoh perundungan  penyebab, dampak, regulasi mengenai perundungan, dan cara mengatasinya. Setiap topik dalam buku ini disajikan untuk tiga pihak yang sering berperan dalam  upaya pencegahan bullying, yaitu orangtua, sekolah, dan saksi dari perilaku bullying tersebut.  Dengan cara ini, pembaca dapat lebih mudah melihat peran-peran dari ketiga pihak tersebut dalam  pencegahan dan penanggulangan bullying, dan dapat lebih siap dalam upaya penanggulangan  bullying. 
    Isi buku ini adalah:
    a. Apa, dimana, kapan perundungan terjadi 
    b. Dampak perundungan
    c. Pelaku, korban, respon perundungan
    d. Ayo kita menjadi Upstander

6. Kelebihan buku:
    Buku ini  penyampaiannya yang simpel dan  penyajiannya yang mayoritas dalam bentuk pointer         membuat buku ini mudah dibaca dan dipahami oleh orang awam. Isi buku ini tidak hanya berisikan    teori singkat dan regulasi perundungan,  tetapi juga penyebab, akibat dan cara mengatasinya. Setiap     topik dalam buku ini disajikan untuk tiga pihak yang sering berperan dalam upaya pencegahan bullying, yaitu orangtua, sekolah, dan saksi dari perilaku bullying tersebut. Dengan cara ini, pembaca dapat lebih mudah melihat peran-peran dari ketiga pihak  tersebut dalam pencegahan  dan penanggulangan bullying, dan dapat lebih siap dalam upaya  penanggulangan bullying. Dengan membaca buku ini menyadarkan pentingnya  bahaya bullying bagi perkembangan jiwa seorang korbban di kemudian hari. Dendam dan amarah, ketakutan yang selalu melanda karena perlakuan yang tidak manusiawi akan terus diingat eumur hidupnya. Maka pentingnya peran orang tua dan guru agar selalu mengawasi dan bertindak cepat apabila menemukan kasus perundungan  atau bullying.
       

7. Kekurangan Buku
    Sayangnya, buku ini tidak menampilkan contoh nyata dari perundungan sehingga hanya      sebatas  pengetahuan saja. Alangkah baiknya, buku ini menampilkan sebuah kisah              nyata  dari perundungan. 

8. Saran :
   Buku ini sangat saya sarankan terutama bagi praktisi pendidikan mengingat kasus               bullying ini hampir semuanya terjadi di lingkungan sekolah. Buku ini dapat dijadkan              sebagai sumber penguatan karakter melalui gerakan literasi karena dapat menambah          pengetahuan tentang perundungan juga untuk mengurangi tindakan perundungan baik         sebagai korban maupun pelaku  perundungan/ pembullyingan.         

Tugas Review konten Rumah Belajar Diklat Seameo Virtual Coordinator Training (VCT) Batch 5 Jateng-DIY Kota Surakarta  

ini link rekaman STT dan TTS

https://www.youtube.com/watch?v=4Ccx5YOZ4WQ


Semoga bermanfaat   
    













Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalimat Efektif sinau bareng BPMPK Kemendikbud

link materinya http://gg.gg/Kalimatefektifaw Kalimat Efektif Membuat sebuah kalimat tentu bukan hal yang sulit bagi teman-teman. Namun, apakah kalimat yang dibuat tersebut sudah termasuk  kalimat efektif ? Pada dasarnya, sebuah kalimat dapat dibentuk oleh klausa yang terdiri atas subjek dan predikat dengan penambahan objek, pelengkap, maupun keterangan yang diakhiri dengan tanda baca titik (.), tanya (?), atau seru (!). Jika tidak tepat, penambahan-penambahan tersebut dapat membuat kalimat yang dibuat menjadi  tidak efektif , loh. Pengertian Kalimat Efektif Kalimat efektif dapat diartikan sebagai susunan kata yang mengikuti kaidah kebahasaan secara baik dan benar. Tentu saja karena kita berbicara tentang  bahasa Indonesia , kaidah yang menjadi patokan kalimat efektif dalam bahasan ini adalah kaidah bahasa Indonesia menurut  ejaan yang disempurnakan  (EBI) Syarat Kalimat Efektif Pada dasarnya, ada empat syarat utama sebuah kalimat dapat dikatakan efektif atau

Seru! IHT CoachingPenanaman Profil Pancasila Melalui Perubahan Mindset Pendidik SMKN 3 Surakarta

 Seru! IHT CoachingPenanaman Profil Pancasila Melalui Perubahan Mindset Pendidik SMKN 3 Surakarta (SKA, 19/7) SMKN 3 Surakarta melaksanakan In House Training Coaching Penanaman Profil Pancasila Melalui Perubahan Mindset Pendidik SMKN 3 Surakarta. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 19 Juli 2022, pukul 07.00 s.d. 17.00 WIB di Aula SMKN 3 Surakarta. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala SMKN 3 Surakarta diwakilkan oleh PLT WKS SARPRAS Bapak Joko Pitono, M.Pd. dilanjutkan dengan materi dari Bapak Dr. Prambudianto, M.Min, M.M., PCC selaku Founder& Chief Visionary Officer (CVO),Human Idea, Professional Coach, Consultant Human IDEA Management Director Learning Development Surakarta Christian University, Senior Lecture Atmajaya Yogyakarta tentang mentransformasi cara berpikir guru & memerdekakan siswa.  IHT ini merupakan kegiatan untuk mempersiapkan guru untuk menjadi coach yang dapat membantu siswa berpikir dan menemukan solusi permasalahannya dan mengantarkannya dalam meraih goaln

Teks Artikel

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh selamat pagi anak anak Anak anak pernahkah kalian melihat artikel di koran atau di media online lainnya?? Kamu bisa menemukan artikel pada rubrik khusus di majalah, koran, atau arikel ilmiah . Oh ya kalian pernah mendengarkan google scholar, scopus dan lain-lain.  KI/KD  Memahami dan menganalisis struktur dan kaidah bahasa teks artikel. Indikator : Siswa dapat memahami dan menganalisis struktur dan kaidah bahasa teks artikel  A. Pengertian Artikel adalah karangan berisi fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di media cetak maupun sosial. Tujuan artikel untuk menyampaikan gagasan yang dilengkapi dengan data dan fakta yang disajikan dalam bentuk tulisan. Tulisannya dapat meyakinkan atau menghibur pembaca.   2. Ciri Ciri Artikel 3. Struktur Teks Artikel Secara umum struktur artikel ada tiga hal : a. pembukaan berisikan orientasi (tahap Pengenalan) terhadap isi artikel yang akan dibahas. b. Isi merupakan uraian penjelasan pokok permasal