Langsung ke konten utama

Mengontruksi teks Prosedur(kelas XI)

 Selasa, 11 Agustus 2020

Assalamualaikum wr wb

selamat pagi anak anakku yang hebat

Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Materi bahasa Indonesia kelas XI adalah:
Bab 1 Menyusun Teks Prosedur
A. Mengonstruksi informasi dalam teks prosedur
B.Merancang pernyataan umum dan tahap-tahapannya
C.Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
D.Mengembangkan teks prosedur
E. Melaporkan kegiatan membaca buku

Kali ini kita akan mempelajari materi satu persatu  dari Bab 1 Menyusun teks prosedur:
1. Mengonstruksi informasi dalam teks prosedur

Sebelum kita mempelajari lebih lanjut kiuta harus mengenali teks prosedur lebih dalam

A. Pengertian Teks prosedur

Teks prosedur merupakan teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal langkah demi langkah yang tepat secara berurut sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan.

B. Contoh teks prosedur sederhana
Teks prosedur ini tidak hanya berguna bagi para pelajar saja, tetapi juga seluruh manusia. Karena tanpa teks prosedur, orang-orang tidak akan bisa membuat atau menjalankan sesuatu.

Dalam teks prosedur, terdapat tiga jenis teks prosedur yang mana salah satunya adalah teks prosedur sederhana. Berikut adalah contoh teks prosedur sederhana.

Contoh teks prosedur mengoperasikan Vacum Cleaner

Vacuum cleaner merupakan alat untuk membersihkan debu dan kotoran yang biasa digunakan di rumah, kantor, maupun di mobil. Berikut ini adalah prosedur bagaimana mengoperasikan vacuum cleaner:

  • Masukkan kabel vacuum cleaner ke stopkontak lalu tekan tombol ON pada pegangan vacuum cleaner.
  • Dekatkan vacuum cleaner pada tempat yang berdebu.
  • Setelah selesai menggunakan, tekan tombol OFF.


Contoh teks prosedur menghidupkan senter

Senter adalah alat yang berguna untuk menerangi dalam kegelapan. Biasanya senter sangat penting digunakan ketika listrik sedang padam di malam hari. Berikut ini merupakan contoh prosedur menghidupkan senter.

  • Masukkan baterai senter ke bagian bawah senter.
  • Setelah baterai dimasukkan, kemudian hidupkan senter.

3. Struktur teks prosedur
Judul
Judul pada teks prosedur dapat diartikan sebagai suatu aktivitas atau kegiatan yang akan dibuat.

Tujuan teks prosedur

Kata pengantar merupakan sebagai pernyataan pembuka di dalam menyampaikan tujuan penulisan teks prosedur.

Bahan dan alat
Bahan dan peralatan sebagai rincian bahan dan alat yang akan digunakan dalam proses produksi. Bahan dan peralatan sifatnya boleh ada dan boleh tidak ada

Tahapan proses
Tahapan atau proses membuat sesuatu harus ditulis secara urutan dari awal hingga akhir. Sehingga masyarakat akan paham untuk menirukan. Tidak boleh ada yang terlewat atau tertukar.

4. Ciri-ciri
Teks prosedur memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 

a. Berisi langkah-langkah Bersifat obyektif Dijelasan secara detail 
b. Bersifat aktual dan akurat 
c. Menggunakan kata kerja aktif
 d. Menggunakan konjungsi (kata penghubung) 
e. Menggunakan imperatif (bersifat memerintah atau memberi komando)
 f. Menggunakan kata keterangan
g.  Menggunakan kalimat saran dan larangan

5. Kaidah bahasa
Teks prosedur memiliki teks kebahasaan sebagai berikut: 

a. Konjungsi temporal 
    Dalam teks prosedur banyak dijumpai teks konjungsitemporal atau kata penghubung. Di mana                      menunjukkan waktu adanya sebuah kegiatan dan bersifat selanjutnya, kemudian, berikutnya, lalu dan          setelah itu.
b. Verbal material dan tingkah laku Verbal material sesuatu yang mengacu pada tindakan fisik. Sementara      itu verbal tingkah laku merupakan tindakan dengan ungkapkan. 
c. Partisipatif manusia Partisipatif manusia merupakan semua manusia yang yang ikut serta dalam teks          prosedur. * Terdapat bilangan sebagai penanda urutan. 
d. Terdapat kalimat introgatif atau kalimat yang berisikan pertanyaan. 
e. Terdapat kalimat deklaratif atau kalimat yang berisikan pernyataan.

6. contoh



Nah, setelah kalian mempelajari materi ini jangan lupa tinggalkan rekam jejak dikomentar blog ini yah anak anak.yuk kita mulai mengerjakan soal:
1. tontonlah video tutorial berikut ini ya
   https://youtu.be/ckC4BwtQiMQ
   lalu jangan lupa tinggalkan rekam jejak komentar, like, dan subcribe yah (jangan lupa ya) 
2. tugas kalian mengerjakan soal ini dengan petunjuk yang ada di formulir yang sudah disiapkan
   http://gg.gg/soal-latihan-mengontruksi-teks-prosedur
3. Presensi digital mohon diisi
   http://gg.gg/presensi-mengontruksi-teks-prosedur 

deadline tanggal 17 Agustus sudah mengumpulkan ya adik adik
salam sukses
salam gumun

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalimat Efektif sinau bareng BPMPK Kemendikbud

link materinya http://gg.gg/Kalimatefektifaw Kalimat Efektif Membuat sebuah kalimat tentu bukan hal yang sulit bagi teman-teman. Namun, apakah kalimat yang dibuat tersebut sudah termasuk  kalimat efektif ? Pada dasarnya, sebuah kalimat dapat dibentuk oleh klausa yang terdiri atas subjek dan predikat dengan penambahan objek, pelengkap, maupun keterangan yang diakhiri dengan tanda baca titik (.), tanya (?), atau seru (!). Jika tidak tepat, penambahan-penambahan tersebut dapat membuat kalimat yang dibuat menjadi  tidak efektif , loh. Pengertian Kalimat Efektif Kalimat efektif dapat diartikan sebagai susunan kata yang mengikuti kaidah kebahasaan secara baik dan benar. Tentu saja karena kita berbicara tentang  bahasa Indonesia , kaidah yang menjadi patokan kalimat efektif dalam bahasan ini adalah kaidah bahasa Indonesia menurut  ejaan yang disempurnakan  (EBI) Syarat Kalimat Efektif Pada dasarnya, ada empat syarat utama sebuah kalimat dapat dikatakan efektif atau

Seru! IHT CoachingPenanaman Profil Pancasila Melalui Perubahan Mindset Pendidik SMKN 3 Surakarta

 Seru! IHT CoachingPenanaman Profil Pancasila Melalui Perubahan Mindset Pendidik SMKN 3 Surakarta (SKA, 19/7) SMKN 3 Surakarta melaksanakan In House Training Coaching Penanaman Profil Pancasila Melalui Perubahan Mindset Pendidik SMKN 3 Surakarta. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 19 Juli 2022, pukul 07.00 s.d. 17.00 WIB di Aula SMKN 3 Surakarta. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala SMKN 3 Surakarta diwakilkan oleh PLT WKS SARPRAS Bapak Joko Pitono, M.Pd. dilanjutkan dengan materi dari Bapak Dr. Prambudianto, M.Min, M.M., PCC selaku Founder& Chief Visionary Officer (CVO),Human Idea, Professional Coach, Consultant Human IDEA Management Director Learning Development Surakarta Christian University, Senior Lecture Atmajaya Yogyakarta tentang mentransformasi cara berpikir guru & memerdekakan siswa.  IHT ini merupakan kegiatan untuk mempersiapkan guru untuk menjadi coach yang dapat membantu siswa berpikir dan menemukan solusi permasalahannya dan mengantarkannya dalam meraih goaln

Teks Artikel

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh selamat pagi anak anak Anak anak pernahkah kalian melihat artikel di koran atau di media online lainnya?? Kamu bisa menemukan artikel pada rubrik khusus di majalah, koran, atau arikel ilmiah . Oh ya kalian pernah mendengarkan google scholar, scopus dan lain-lain.  KI/KD  Memahami dan menganalisis struktur dan kaidah bahasa teks artikel. Indikator : Siswa dapat memahami dan menganalisis struktur dan kaidah bahasa teks artikel  A. Pengertian Artikel adalah karangan berisi fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di media cetak maupun sosial. Tujuan artikel untuk menyampaikan gagasan yang dilengkapi dengan data dan fakta yang disajikan dalam bentuk tulisan. Tulisannya dapat meyakinkan atau menghibur pembaca.   2. Ciri Ciri Artikel 3. Struktur Teks Artikel Secara umum struktur artikel ada tiga hal : a. pembukaan berisikan orientasi (tahap Pengenalan) terhadap isi artikel yang akan dibahas. b. Isi merupakan uraian penjelasan pokok permasal