Langsung ke konten utama

Surat Lamaran pekerjaan (kelas XII)

Surat Lamaran Kerja

Sudah tahukah kamu apakah itu sebuah surat lamaran kerja? Jika belum tahu apa yang dimaksud dengan surat lamaran kerja, maka kamu bisa menyimak penjelasan dari kami tentang definisi surat lamaran kerja.

Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian surat lamaran kerja beserta bagian bagian surat lamaran kerja, cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dan contoh surat lamaran kerja.

A. Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran pekerjaan merupakan suatu surat dari seseorang yang membutuhkan pekerjaan kepada orang  atau pejabat yang bisa memberikan pekerjaan atau jabatan. Melalui surat lamaran ini, pelamar meminta supaya ia diberi pekerjaan.

Surat lamaran pekerjaan bisa juga diartikan dengan suatu surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan supaya karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan.

Surat lamaran pekerjaan ini  biasanya bersifat formal ataupun resmi, misalnya surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan ataupun jabatan tertentu sesuai pada iklan yang ditawarkan.

Dalam hal ini, pelamar dalam surat lamarannya perlu menyebutkan suatu sumber lamaran tersebut di alinea atau paragraf pembuka. Apabila lamaran itu tidak berdasarkan pada suatu sumber, tentu saja tidak diperlukan peenyebutan sumber pada alinea pembuka.


B. Fungsi Surat Lamaran Kerja

1. Sebagai tanda tertulis / resmi pengajuan permohonan pekerjaan

Yang satu ini merupakan fungsi utama dari surat lamaran kerja, karena dengan hadirnya surat lamaran kerja berarti permohonan tersebut sifatnya resmi dan tentu akan langsung diterima sebagai permohonan dan pertimbangan dalam menerima pelamar tersebut.

2. Sebagai Alat Komunikasi

Fungsi ini merupakan salah satu fungsi dasar dari setiap surat. Karena setiap surat sudah dapat dipastikan akan mengandung informasi yang akan sangat diperlukan oleh pihak yang dituju. Dalam surat lamaran informasi yang dibutuhkan yaitu informasi mengenai data dan identitas pelamat. Dalam surat lamaran pekerjaan biasanya akan terlampir izasah, daftar riwayat hidup, foto copy KTP dan keterangan pengalaman pekerjaan. Semua informasi tersebut akan sangat diperlukan oleh suatu perusahaan atau instansi yang dituju sebagai bahan pertimbangan untuk menerima pelamar tersebut. Oleh karena itu bagi pelamar selalu perhatikanlah informasi dalam surat lamaran tersebut dan persiapkan semua prasyarat yang dibutuhkan.

3. Sebagai Bahan Pertimbangan

Ini sudah dijelaskan diatas bahwa dengan hadirnya sebuah surat lamaran kerja dan berbagi informasi mengenai identitas diri, merupakan kebutuhan untuk melakukan sebuah pertimbangan bagi perusahaan menerima pelamar yang tepat mengisi pekerjaan yang kosong.


C. Struktur Surat Lamaran Kerja

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Sistematika surat lamaran pekerjaan sebagai berikut :

  • Tempat dan Tanggal pembuatan surat
  • Lampiran
  • Hal
  • Alamat surat
  • Salam pembuka
  • Alinea pembuka
  • Alinea Isi
  • Alinea Penutup
  • Salam penutup
  • Tanda tangan dan nama terang

1. Tempat dan Tanggal
Tempat dan tanggal ditempatkan di pojok kanan atas tanpa titik di akhir, karena bukan merupakan suatu kalimat.
Contoh : Bandung, 28 Agustus 2018


2. Lampiran dan Perihal

  • Kata ‘Lampiran’ dan ‘Perihal’ tidak bisa disingkat seperti lamp. atau hal.
  • Angka dalam kolom lampiran itu ditulis menggunakan huruf.

Contoh :
Lampiran : Satu Lembar
Perihal : Lamaran Kerja


3. Alamat Surat

  • Tidak menggunakan kata-kata “Kepada”.
  • Alamat yang disarankan tidak lebih dari tiga baris.
  • Jabatan tidak boleh menggunakan jenis kelamin seperti halnya bapak atau ibu.
  • Tulisan “Jalan” pada suatu alamat tidak boleh disingkat.
  • Tidak boleh menggunakan titik di masing – masing akhir barisnya

Contoh :

Yth. Manager Sukses Mandiri
Jalan M. Yamin No. 02
Bandung


4. Salam Pembuka

  • Setelah kata “Dengan Hormat” harus menggunakan koma.
  • Kata dengan hormat sebaiknya dapat dijadikan satu dengan kalimat selanjutnya, walaupun diganti baris seperti biasa juga tetap dapat digunakan.

Contoh :

Dengan Hormat, berdasarkan . . . . . . . . . . ( yang dianjurkan )
Dengan Hormat,
Berdasarkan . . . . . . . . . . ( tetap dapat digunakan )


5. Alinea Pembuka

Dalam alinea pembuka sebaiknya harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan serta membuat instansi yang membacanya tidak tersinggung.


6. Isi

Dalam isi terdapat juga :

  • Identitas
    Yaitu suatu keterangan berupa nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir dan dapat dtambah lagi sesuai dengan kebutuhan. Dalam menuliskan suatu keterangan diatas, awalan kata tidak menggunakan huruf besar.

Contoh :

nama : Zian Sahara
tempat tanggal lahir : Bandung, 4 Oktober 1990
pendidikan terakhir : S1 Sistem Informatika
alamat : Dukuhturi, Bumiayu, Brebes, 52273

  • Maksud dan Tujuan
    Merupakan suatu keterangan tentang alasan pengirim atau pelamar pekerjaan menulis surat itu.
  • Menyatakan Lampiran
    Dalam lamaran pekerjaan ini terdapat beberapa lampiran tentang syarat yang telah diminta oleh instansi yang membutuhkan pekerja, maka sang pelamar harus memenuhi lampiran yang diminta tersebut.
    Dalam lampiran ini setiap akhir kalimatnya harus menggunakan tanda titik dua, dan di akhir lampiran mengggunakan titik.
  • Contoh :

    1. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir;
    2. Fotokopi kartu tanda penduduk;
    3. Foto ukuran 3×4 dua lembar.

    7. Penutup
    Dalam penutup kita harus menunjukan keantusiasan kita dalam melamar suatu pekerjaan pada instansi yang kita tuju.
    Contoh : Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya buat, besar harapan saya untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan . . . . . . . . .


    8. Tanda Tangan dan Nama Terang
    Tanda tangan ini berada di pojok kanan bawah surat, kemudian dibawahnya ditulis nama lengkap anda.
    Contoh : Hormat saya,

 Gambar struktur surat lamaran kerja




D. Contoh Surat lamaran kerja


Halo adik adik apa kabar?semoga sehat selalu ya.. oh yah untuk belajar dari rumah silakan adik adik mengerjakan soal latihan di bawah ini yah !(lalu kumpulkan Deadline 15 Agustus 2020) 
1. Silakan adik adik pelajari terlebih dahulu materi di blog ini dan rekaman ini:
    https://youtu.be/JI_MqEtH9Oc 

2. Silakan adik adik mengerjakan soal di form ini yah
    http://gg.gg/Soal-Mengidentifikasi-Surat-Lamaran-Kerja

3. Jangan lupa presensi di link ini ya..
    http://gg.gg/Presensi-Mengidentifikasi-surat-lamaran-kerja


selamat belajar 
salam literasi

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. shafira dinna sabila.XII TB2 .26

    BalasHapus
  3. Almar'atihusna XII TB 2 .NO 03

    BalasHapus
  4. Refina Silonita XII TB 2 / 25

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Fatimah kayla auiia, XII TB 2, 14

    BalasHapus
  7. Hanifah Nurul Khadijah, XII tb2 15

    BalasHapus
  8. Adelia Putri Devita,XII TB2 01

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalimat Efektif sinau bareng BPMPK Kemendikbud

link materinya http://gg.gg/Kalimatefektifaw Kalimat Efektif Membuat sebuah kalimat tentu bukan hal yang sulit bagi teman-teman. Namun, apakah kalimat yang dibuat tersebut sudah termasuk  kalimat efektif ? Pada dasarnya, sebuah kalimat dapat dibentuk oleh klausa yang terdiri atas subjek dan predikat dengan penambahan objek, pelengkap, maupun keterangan yang diakhiri dengan tanda baca titik (.), tanya (?), atau seru (!). Jika tidak tepat, penambahan-penambahan tersebut dapat membuat kalimat yang dibuat menjadi  tidak efektif , loh. Pengertian Kalimat Efektif Kalimat efektif dapat diartikan sebagai susunan kata yang mengikuti kaidah kebahasaan secara baik dan benar. Tentu saja karena kita berbicara tentang  bahasa Indonesia , kaidah yang menjadi patokan kalimat efektif dalam bahasan ini adalah kaidah bahasa Indonesia menurut  ejaan yang disempurnakan  (EBI) Syarat Kalimat Efektif Pada dasarnya, ada empat syarat utama sebuah kalimat dapat dikatakan efektif atau

Seru! IHT CoachingPenanaman Profil Pancasila Melalui Perubahan Mindset Pendidik SMKN 3 Surakarta

 Seru! IHT CoachingPenanaman Profil Pancasila Melalui Perubahan Mindset Pendidik SMKN 3 Surakarta (SKA, 19/7) SMKN 3 Surakarta melaksanakan In House Training Coaching Penanaman Profil Pancasila Melalui Perubahan Mindset Pendidik SMKN 3 Surakarta. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 19 Juli 2022, pukul 07.00 s.d. 17.00 WIB di Aula SMKN 3 Surakarta. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala SMKN 3 Surakarta diwakilkan oleh PLT WKS SARPRAS Bapak Joko Pitono, M.Pd. dilanjutkan dengan materi dari Bapak Dr. Prambudianto, M.Min, M.M., PCC selaku Founder& Chief Visionary Officer (CVO),Human Idea, Professional Coach, Consultant Human IDEA Management Director Learning Development Surakarta Christian University, Senior Lecture Atmajaya Yogyakarta tentang mentransformasi cara berpikir guru & memerdekakan siswa.  IHT ini merupakan kegiatan untuk mempersiapkan guru untuk menjadi coach yang dapat membantu siswa berpikir dan menemukan solusi permasalahannya dan mengantarkannya dalam meraih goaln

Teks Artikel

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh selamat pagi anak anak Anak anak pernahkah kalian melihat artikel di koran atau di media online lainnya?? Kamu bisa menemukan artikel pada rubrik khusus di majalah, koran, atau arikel ilmiah . Oh ya kalian pernah mendengarkan google scholar, scopus dan lain-lain.  KI/KD  Memahami dan menganalisis struktur dan kaidah bahasa teks artikel. Indikator : Siswa dapat memahami dan menganalisis struktur dan kaidah bahasa teks artikel  A. Pengertian Artikel adalah karangan berisi fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di media cetak maupun sosial. Tujuan artikel untuk menyampaikan gagasan yang dilengkapi dengan data dan fakta yang disajikan dalam bentuk tulisan. Tulisannya dapat meyakinkan atau menghibur pembaca.   2. Ciri Ciri Artikel 3. Struktur Teks Artikel Secara umum struktur artikel ada tiga hal : a. pembukaan berisikan orientasi (tahap Pengenalan) terhadap isi artikel yang akan dibahas. b. Isi merupakan uraian penjelasan pokok permasal