Langsung ke konten utama

Menginterpretasi teks laporan hasil observasi (kelas X)

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

selamat pagi adik adik berjumpa kembali bersama Bu AW guru Bahasa Indonesia SMKN 3 Surakarta

YUk belajar bersama!!!

Materi yang akan kita pelajari kali ini adalah :

Teks Laporan Hasil Observasi

adapun kompetensi dasar yang akan kita pelajari adalah :

a. menginterpretasikan laporan hasil observasi

b. merevisi laporan hasil observasi

c. menganalisis kebahasaan teks laporan observasi

d. mengontruksi teks laporan observasi 


Baik kita aklan pelajari satu persatu yah.., tapi sebelumnya adik adik harus ingat selama belajar di rumah adik adik tetap harus menjaga kesehatan yah, yuk kita melawan corona dengan cara sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, lalu sering memakai masker saat di luar rumah, dan pastinya kita harus mengikuti protokol kesehatan seperti physical distancing yah adik adik.

Mari kita belajar bersama:

A. Menginterpretasi teks laporan observasi :

   adik adik sebelum adik adik menginterpretasi teks kalian harus mengenal terlebih dahulu pengertian, ciri, fungsi, struktur, dan contoh teks laporan hasil observasi silakan kalian pelajari dari video ini:

https://youtu.be/eqB79KvIaLs 

nah, setelah jangan lupa kalian nonton, like, komentar, dan subcribe ya, sebagai rekam jejak kalian tinggalkan komentar yang membangun atau yang terbaik dari kalian yah...

Nah, bu AW juga menampilkan materi lengkap disini

1. Pengertian

Teks laporan hasil observasi adalah suatu teks yang berfungsi untuk menjelaskan informasi tentang suatu objek yang telah diamati. Teks laporan hasil observasi juga disebut dengan teks klasifikasi karena berisi tentang klasifikasi mengenai jenis-jenis objek berdasarkan kriteria tertentu.

2. ciri-ciri

a. objektif

b. faktual

c. lengkap

3. Fungsi

a. Melaporkan tanggung jawab sebuah tugas dan kegiatan pengamatan.

b. Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan dan/atau pemecahan masalah dalam pengamatan.

c. Sarana untuk pendokumentasian

d. Sebagai sumber informasi terpercaya.

4. struktur

    a. Pernyataan umum; mengandung keterangan umum mengenai subjek yang dilaporkan.          Pernyataan umum mengandung informasi umum (nama latin, kelas, asal usul, informasi          tambahan tentang hal yang dilaporkan).

    b. Deskripsi bagian; mengandung rincian hal-hal yang dilaporkan. Jika binatang bisa                  berupa ciri fisik, makanan, habitat, perilaku. Jika tumbuhan bisa berupa ciri fisik akar,                bunga, buah atau perincian bagian yang lain. Tidak jarang manfaat dan nutrisi juga                  dipaparkan pada bagian ini. Kalau yang dilaporkan berupa objek, deskripsi bagian berisi          klasifikasi objek dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, sifat-sifat khusus            objek.

  c.   Deskripsi Manfaat; mengandung ringkasan umum / manfaat hal yang dilaporkan.

5. Kebahasaan

  1. Menggunakan frasa nomina yang diikuti penjenis dan pendeskripsi.
  2. Menggunakan verba relasional, seperti : ialah, merupakan, adalah, yaitu, digolongkan, termasuk, meliputi, terdiri atas, disebut, dan lain-lain
  3. Menggunakan verba aktif alam untuk menjelaskan perilaku, seperti : bertelur, membuat, hidup, makan, tidur, dan sebagainya.
  4. Menggunakan kata penghubung yang menyatakan tambahan (dan, serta), perbedaan (berbeda dengan), persamaan (sebagaimana, seperti halnya), pertentangan (tetapi, sedangkan, namun), pilihan (atau).
  5. Menggunakan paragraf dengan kalimat utama untuk menyusun informasi utama, diikuti rincian aspek yang hendak dilaporkan dalam beberapa paragraf.
  6. Menggunakan kata keilmuwan atau teknis, seperti : herbivora, degeneratif, osteoporosis, mutualisme, parasitisme, pembuluh vena, leukimia, syndrom, phobia, dan lain-lain.
6. Jenis 

Teks observasi mempunyai berbagai macam tergantung pada objek yang diamati, tujuan pembuatan, dan lainnya. Misalkan objek yang diamati adalah:

  • Observasi mengenai kondisi sosial, ekonomi, politik
  • Observasi mengenai kondisi lingkungan dan ekosistem
  • Observasi mengenai keadaan yang sedang terjadi (acara HUT RI)
  • Dan sebagainya.

Misal juga tujuan pembuatan nya:

  • Teks observasi eksposisi.
  • Teks observasi identifikasi.
  • Teks observasi klasifikasi.
  • Dan sebagainya.

Jenis hasil teks observasi dibagi menjadi 2 yaitu:

1. Laporan Observasi Formal

Yaitu laporan hasil observasi mengenai objek yang diamati dengan memakai kaidah format dalam menyusun laporan (struktur lebih rinci, ragam bahasanya baku, terdapat header/kop). Umumnya diajukan untuk acara resmi seperti kepentingan politik, laporan berita, dan lainnya.

2. Laporan Observasi Non Formal

Yaitu laporan hasil observasi yang mempunyai struktur lebih sederhana dan umumnya ditulis secara popular.


7. Cara menyusun teks LHO

Langkah-langkahnya:

  1. Membuat judul laporan sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan.
  2. Membuat kerangka teks yang condong ke pembuatan gagasan utama sesuai dengan hasil pengamatan.
  3. Menyusun teks berdasarkan gagasan utama yang telah dibuat, diawali dengan paragraf pernyataan umum lalu ke bagian isi. Setelah membuat klasifikasi secara umum, langkah berikutnya yaitu menjabarkan klasifikasi tersebut berdasarkan hasil pengamatan
  4. Meneliti kembali hasil penulisan teks, jika ada kalimat janggal atau salah penulisan, segera perbaiki kembali.

Nah kamu juga harus memenuhi syarat atau kriteria teks laporan hasil observasi agar dianggap baik dan benar serta ideal, berikut ini syaratnya:

  • Mempunyai susunan struktur teks yang urut dan lengkap.
  • Dalam struktur teks tidak mempunyai kesimpulan/penutup.
  • Di dalam teks tidak ada opini dari penulis.
  • Teks menjelaskan sebuah informasi berdasarkan fakta.

contoh teks LHO








Nah, sekarang untuk menjawab mengingterprestasikan berarti adik adik diminta merangkum isi teks LHO dengan bahasa yang lebih singkjat padat dan jelas.

Adapun yang harus disiapkan adalah :
1. memahami informasi yang disampaikan dalam teks LHO
2. menemukan kata penting/ hal penting yang disampaikan
3. bahsa yang digunakan harus singkat padat dan jelas

nah itu tadi materi yang kita pelajari saat ioni yah kita lanjutkan lagi nanti materi merevisi laporan hasil observasi, menganalisis kebahasaan teks LHO dan mengonstruksi teks LHO

untuk itu sekali lagi bu aw minta kalian bisa belajar dari blog ibi lalu isi komentar yah dio bawah ini!
jangan lupa isi presensi disini http://gg.gg/presensi-menyusun-LHO

dan menonton video disini https://youtu.be/eqB79KvIaLs 

lalu mengerjakan soal ini: http://gg.gg/soal-latihan-menginterpretasi-teks-LHO


Deadline mengumpulkan tugas ini 17 Agustus 2020 yah
salam sukses
salam literasi

Komentar

  1. SHELLA SARAH NADILA X TB 1 / 32

    BalasHapus
  2. INTAN SETYO PRATIWI X TB1 / 15

    BalasHapus
  3. INTAN SETYO PRATIWI X TB1 / 15

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. AFIFAH NUR ARDIYANTI 01/X TB 1

    BalasHapus
  6. EDENIA AMORET BABY SANTOSO TB 1/09

    BalasHapus
  7. KHARISMA PUTRI CAHYA NINGRUM X TB 1/17

    BalasHapus
  8. Intan Manda Christia Ningsih XTB1/14

    BalasHapus
  9. Sherly Dhinar Ayu Rossida XTB2/32

    BalasHapus
  10. Valensia Nadila Putri Cahyanti X TB2/33

    BalasHapus
  11. Agtatia Alexandra Putri X TB2/1

    BalasHapus
  12. Naila Zulfa Khoirunnisa X TB2/22

    BalasHapus
  13. NAYYARA MAISA FARANI X TB2/25

    BalasHapus
  14. STEVY INDRYASTUTI WIDODO PUTRI X TB 1/33

    BalasHapus
  15. YAELLYTA NASSELYA ANDINI X TB1/34

    BalasHapus
  16. KHOIRUNNISA ASYIFA NUR FALAH X TB1/20

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalimat Efektif sinau bareng BPMPK Kemendikbud

link materinya http://gg.gg/Kalimatefektifaw Kalimat Efektif Membuat sebuah kalimat tentu bukan hal yang sulit bagi teman-teman. Namun, apakah kalimat yang dibuat tersebut sudah termasuk  kalimat efektif ? Pada dasarnya, sebuah kalimat dapat dibentuk oleh klausa yang terdiri atas subjek dan predikat dengan penambahan objek, pelengkap, maupun keterangan yang diakhiri dengan tanda baca titik (.), tanya (?), atau seru (!). Jika tidak tepat, penambahan-penambahan tersebut dapat membuat kalimat yang dibuat menjadi  tidak efektif , loh. Pengertian Kalimat Efektif Kalimat efektif dapat diartikan sebagai susunan kata yang mengikuti kaidah kebahasaan secara baik dan benar. Tentu saja karena kita berbicara tentang  bahasa Indonesia , kaidah yang menjadi patokan kalimat efektif dalam bahasan ini adalah kaidah bahasa Indonesia menurut  ejaan yang disempurnakan  (EBI) Syarat Kalimat Efektif Pada dasarnya, ada empat syarat utama sebuah kalimat dapat dikatakan efektif atau

Seru! IHT CoachingPenanaman Profil Pancasila Melalui Perubahan Mindset Pendidik SMKN 3 Surakarta

 Seru! IHT CoachingPenanaman Profil Pancasila Melalui Perubahan Mindset Pendidik SMKN 3 Surakarta (SKA, 19/7) SMKN 3 Surakarta melaksanakan In House Training Coaching Penanaman Profil Pancasila Melalui Perubahan Mindset Pendidik SMKN 3 Surakarta. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 19 Juli 2022, pukul 07.00 s.d. 17.00 WIB di Aula SMKN 3 Surakarta. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala SMKN 3 Surakarta diwakilkan oleh PLT WKS SARPRAS Bapak Joko Pitono, M.Pd. dilanjutkan dengan materi dari Bapak Dr. Prambudianto, M.Min, M.M., PCC selaku Founder& Chief Visionary Officer (CVO),Human Idea, Professional Coach, Consultant Human IDEA Management Director Learning Development Surakarta Christian University, Senior Lecture Atmajaya Yogyakarta tentang mentransformasi cara berpikir guru & memerdekakan siswa.  IHT ini merupakan kegiatan untuk mempersiapkan guru untuk menjadi coach yang dapat membantu siswa berpikir dan menemukan solusi permasalahannya dan mengantarkannya dalam meraih goaln

Teks Artikel

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh selamat pagi anak anak Anak anak pernahkah kalian melihat artikel di koran atau di media online lainnya?? Kamu bisa menemukan artikel pada rubrik khusus di majalah, koran, atau arikel ilmiah . Oh ya kalian pernah mendengarkan google scholar, scopus dan lain-lain.  KI/KD  Memahami dan menganalisis struktur dan kaidah bahasa teks artikel. Indikator : Siswa dapat memahami dan menganalisis struktur dan kaidah bahasa teks artikel  A. Pengertian Artikel adalah karangan berisi fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di media cetak maupun sosial. Tujuan artikel untuk menyampaikan gagasan yang dilengkapi dengan data dan fakta yang disajikan dalam bentuk tulisan. Tulisannya dapat meyakinkan atau menghibur pembaca.   2. Ciri Ciri Artikel 3. Struktur Teks Artikel Secara umum struktur artikel ada tiga hal : a. pembukaan berisikan orientasi (tahap Pengenalan) terhadap isi artikel yang akan dibahas. b. Isi merupakan uraian penjelasan pokok permasal